Bagaimana Cara Hidup Kita, Begitu Cara Mati Kita Kelak

Habib Quraisy
Habib Quraisy

Setiap manusia akan meninggal dunia, yang membedakan adalah bagaimana dan dalam keadaan seperti apa nyawa kelak akan dicabut. Seperti apa hidup seseorang, begitu pula keadaan matinya.

Jalan hidup manusia ada 2 Pilihan Yakni jalan hidup orang-orang sholeh dan jalan hidup orang-orang yang durhaka (ingkar kepada Allah).

Dari kedua pilihan jalan hidup itu, ada yang diberikan Allah kepada yang Dia sukai maupun tidak. Tapi ada juga yang hanya dikehendaki kepada yang Allah sukai. Namun setiap kita harus memilih pilihan yang baik.

Orang-orang muslim yang bijak akan memilih hidup dengan kesholehan, berebut dan berlomba-lomba memperbanyak amal sholeh, dengan penuh harapan saat ajal menjemputnya dalam keadaan husnul khatimah.

Dalam kitab hayatus shohabah di kisahkan, bahwa dahulu Umar bin Khatab tidak ingin berlama-lama hidup di dunia kecuali karena tiga hal.

“Yakni untuk berdakwah di jalan Allah, berpayah-payah untuk shalat malam, dan hidup bersama di tengah orang-orang sholeh,”

Oleh karenanya, mari kita sibukkan dengan hal-hal yg baik, memperbanyak amal yang sholeh, duduk dekat dan cinta kepada orang-orang yang sholeh pula.

Jangan sampai kita seperti yang diceritakan dalam surat Al-Munafikun yang menyesal dan meminta untuk dihidupkan kembali barang sebentar saja.

Semoga kelak, ketika ajal menjemput kita dalam keadaan husnul khotimah... Aamiin.....

Comments