Berhati - Hatilah Kepada Wanita

Pernahkah kita menyakiti perempuan? Jika pernah, memohon ampunlah segera kepada Allah SWT. Sungguh Allah akan menerima tobat nya seorang yang bersungguh - sungguh dalam bertobat.

Tahukan Wanita itu hiasan sekaligus ujian?

Allah Ta'ala berfirman,
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, diantaranya adalah wanita-wanita

Dan juga ujian yang berat bagi yang terperdaya dengannya.
Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

إنَّ الْمَرْأَةَ تُقْبِلُ فِي صُورَةِ شَيْطَانٍ وَتُدْبِرُ فِي صُورَةِ شَيْطَانٍ
Sesungguhnya permpuan itu menghadap ke muka dalam bentuk setan, dan ke belakang dalam bentuk setan (pula). (HR Muslim, 177).

Ulama berkata: Ketika perempuan menghadap ke depan (datang), maka syetan duduk di atas kepalanya lalu menghiasinya untuk orang yang melihatnya, dan ketika perempuan itu menghadap ke belakang (pergi), syetan duduk di atas bagian belakangnya lalu ia memperindahnya untuk orang yang melihatnya.

Nabi memperingatkan:
إنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ , وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ , فَاتَّقُوا الدُّنْيَا , وَاتَّقُوا النِّسَاءَ , فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاءِ
Sesungguhnya dunia itu manis lagi hijau. Dan sesungguhnya Allah menjadikan kamu sekalian khalifah di dunia, lalu Allah mengawasi bagaimana kamu berbuat. Maka jagalah dirimu tentang dunia dan jagalah dirimu tentang wanita. Maka sesungguhnya bencana/ fitnah Bani Israil adalah dalam hal wanita. (HR Muslim )

Oleh karena itu wanita harus selalu dinasehati dan diluruskan tabiatnya biar tetap menjadi hiasan yang indah.

Nabi bersabda,
(الدنيا متاع وخير متاع الدنيا المرأة الصالحة ( رواه مسلم
“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah.”
(HR. Muslim)

Hal ini sebagaimana wasiat akhir Rasulullah ketika haji wadda' adalah diantaranya adalah supaya kaum muslimin perhatian dengan para wanita.
Nabiِ صلى الله عليه وسلم bersabda,

: اِسْتَوْصُوْا بِالنِّسَاءِ خَيْرً، فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ ، وَإِنَّ أَعْوَجَ"
 شَىْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ 
"يَزَلْ أَعْوَجَ ، فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرً 

“Berikanlah wasiat kepada wanita (tentang kebaikan). Sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk dan sesungguhnya bagian (tulang rusuk) yang paling bengkok adalah bagian paling atas. Bila engkau berusaha meluruskan nya (dengan paksa), engkau bisa mematahkan nya. Namun apabila engkau membiarkan nya, maka akan bengkok terus. Karena itu, berwasiatlah kepada wanita (tentang kebaikan).”(HR Al-Bukhari, 3331, Muslim, 3644.)

Comments